Minggu, 12 Oktober 2014

TUGAS ARTIKEL (E-Learning) Konsep Portal&Management Konten Pt.6

Artikel dalam rangka memenuhi tugas  : Konsep Portal & Manajemen Konten
Modul                                                     : Perkuliahan ke-6 (On Line)
Judul Modul                                           : Portal dan Keamanan



Sebuah infrastruktur penting dari e-bisnis adalah Publik Key Infrastructure dimana harus ada satu lembaga independen dan dipercaya ( trust agen ) sebagai penyelenggara PKI. Lembaga ini dikenal dengan lembaga Certification Authority ( CA ).

Komponen Public Key Infrastructure

1. Certification Authority (CAs)
Suatu badan yang berwenang untuk memberikan validasi atau sertifikat digital pada kunci publik dalam suatu negara.

2. Repository Key, sertifikat dan Certification Revocatiaon (CRLs) Basis data untuk menyimpan semua data tentang kunci publik dan sertifikat kunci publik tersebut. Disamping itu terdapat list expiry time untuk manajemen kunci bagi para pemilik kunci. CRL merupakan daftar kunci yang harus ditarik dan diganti dengan kunci baru. CA secara perodik mengeluarkan CRL yang berisi nomor seri sertifikat digital yang ditarik. sertifikat digital yang sudah kadaluarsa otomatis dianggap sudah tidak sah lagi dan dimasukkan kedalam CRL. dengan cara ini, maka CA tidak perlu memberitahu perubahan sertifikat digital kepada setiap orang.

3. Management Function
Satu prosedur yang digunakan untuk menjadi guideline dari keseluruhan proses yang ada dalam kunci publik ( PKI ).

4. Policy Approving authority (PAA), memberikan guideline untuk keseluruhan PKI dan mlakukan sertifikat kunci publik dari PCA.

5. Policy Certification Authority(PCA),memberikan policy untuk semua CA dan user yang ada pada domainnya dan melakukan sertifikat kunci publik dari CA.

6.Organization Registration Authority (ORA), entitas yang berperan sebagai perantara antara CA dan user .

Fungsi yang dilakukan PKI

PKI melindungi keamanan informasi yang dikirimkan selama transmisi atau transaksi dilakukan dalam berbagai cara sebagai berikut :

1. Mengautentikasi identitas. Dengan sertifikat digital yang dikeluarkan oleh PKI maka tiap pihak dapat mengautentifikasi pihak lawan dalam melakuakan transaksi sehingga pihak dapat meyakini bahwa pihak yang melakukan transaksi adalah pihak yang berhak.

2. Verifikasi integritas dokumen. Dengan adanya sertifikasi digital maka dokumen dapat diyakini tidak mengalami perubahan selama pengiriman.

3. Jaminan privasi. Dengan protokol yang digunakan selama transmisi dengan menggunakan sertifikat digital maka jalur yang digunakan dalam transmisi dipastikan aman dan tidak dapat diakses oleh pihak lain yang tidak berhak.

4. Sertifikat digital dari PKI dapat menggantikan peranan proses autentifikasi user dalam sebuah sistem.

5. Dengan menggunakan sertifikat digital dari PKi maka suatu pihak dapat menetukan transaksi yang aman dengan menggunakan validasi kunci publik.

6. dukungan anti penyangkalan. Dengan adanya validasi pada sertifikat digital maka tidak mungkin untuk melakukan penyangkalan pada suatu transaksi yang telah dilakukan.

Aktivitas Kunci Publik ( PKI )

Fungsi PKI pada bahasan sebelumnya diimplentasikan dalam aktifitas sbb :
1. Pembangkitan, pemberian sertifikat, dan pendistribusian knci
2. Pemberian tanda tangan dan verifikasi tanda tangan
3. Perolehan sertifikat
4. Verifikasi sertifikat
5. Penyimpanan sertifikat untuk penggunaaan lebih lanjut
6. Perolehan sertifikat yang sudah disimpan
7. Laporan kehilangan kunci
8. Pembangkitan ulang kunci yang hilang
9. Perolehan CRL
10. Pemberian ulang kunci dan pemberian sertifikat ulang
11. Pelaksanaan audit terhadap kejadian, seperti permintaan pasangan kunci dan sertifikat
12. Pengarsipan kunci

Peranan dan cara kerja secara umum dari PKI dalam upaya menjaga keamanan transaksi melalui situs web:

>>Internet Banking
Secara umum, cara kerja internet banking agar dapat menjaga keamanan transaksi secara online adalah dengan menggunakan sertifikat digital (Certificate Authority). Sertifikat ini memastikan proses transaksi berjalan aman. Proses ini disebut Public Key Infrastructure (PKI), yaitu adalah sebuah cara untuk otentikasi, pengamanan data dan perangkat anti sangkal. Secara teknis, PKI adalah implementasi dari berbagai teknik kriptografi yang bertujuan untuk mengamankan data, memastikan keaslian data maupun pengirimnya dan mencegah penyangkalan. Secara singkat, ketika
seseorang melakukan proses transaksi online, baik pemilik rekening maupun bank melakukan pertukaran data yang telah dienkripsi. Keduanya saling bertukar public key dan private key untuk dapat bertukar data rahasia melalui sertifikat masing-masing.

>>Smart Card
--Contoh ini diambil dari Identity Management di ITB dengan menggunakan Smart Campus. Setiap pengguna sumber daya IT di kampus ITB harus memiliki sebuah digital identity. Dalam penerapannya seorang mahiswa ITB akan memiliki kartu mahasiswa yang berbasis smartcard dimana di dalamnya ditanamkan kunci privat dan kunci publik yang menjadi bagian dari PKI. Akses kepada sumber daya yang terbatas akan menggunakan smartcard ini sebagai basis dari authentication-nya


--Contoh lain adalah Smart Card yang serupa dengan kartu kredit seperti smart card dari siemen dan lain-lain. Smart Card atau Kartu cerdas menyimpan kunci privat, sertifikat digital, dan informasi lainnya untuk mengimplementaiskan PKI. Kartu cerdas juga menyimpan nomor kartu kredit dan informasi kontak personal (no telpon). Sertifikat digital ditandatangani oleh card issuer (CA) untuk mensertifikasi kunci publik pemilik kartu. Penggunaan kartu cerdas dikombinasikan dengan PIN (Personal Identification Number). Jadi, ada dua level yang harus dari penggunaan kartu cerdas, yaitu memiliki kartu cerdas itu sendiri dan mengetahui PIN yang mengakses informasi yang disimpan di dalam kartu. Komputer server mengotentikasi kartu dengan cara mengirimkan suatu nilai atau string (yang disebut challenge) ke kartu untuk ditandatangani dengan menggunakan kunci privat (yang tersimpan di dalam kartu), lalu tanda-tangan tersebut diverifikasi oleh mesin dengan menggunakan kunci publik pemilik kartu. Komputer server perlu menyimpan kunci publik card issuer untuk memvalidasi sertifikat digital.

0 komentar:

Posting Komentar