Sabtu, 06 Desember 2014

TUGAS ARTIKEL (E-Learning) Konsep Portal&Management Konten Pt.11

Artikel dalam rangka memenuhi tugas : Konsep Portal & Manajemen Konten
Modul : Perkuliahan ke-11 (Online)
Judul Modul : Web Sistem Manajemen Konten

Dosen : Ratna Mutu Manikam, SKom,MT


Web Sistem Manajemen Konten

Sebuah Web Content Management System (WCMS)  adalah perangkat lunak sistem yang menyediakan situs web authoring, kolaborasi, dan alat-alat administrasi yang dirancang untuk memungkinkan pengguna dengan sedikit pengetahuan tentang web bahasa pemrograman atau bahasa markup untuk membuat dan mengelola konten situs web dengan relatif mudah.  Sebuah WCMS kuat memberikan dasar untuk kolaborasi, menawarkan pengguna kemampuan untuk mengelola dokumen dan output untuk mengedit beberapa penulis dan partisipasi.

 Kebanyakan sistem menggunakan Repositori Konten atau basis data untuk menyimpan konten halaman, metadata , dan aset informasi lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh sistem.

 Lapisan presentasi menampilkan konten kepada pengunjung situs web berdasarkan satu set template .  Template adalah kadang-kadang XSLT file.

 Kebanyakan sistem menggunakan sisi server caching untuk meningkatkan kinerja.  Ini bekerja baik ketika WCMS tidak berubah sering tetapi kunjungan terjadi secara teratur.

 Administrasi ini biasanya dilakukan melalui browser berbasis antarmuka, tetapi beberapa sistem memerlukan penggunaan klien lemak .

 Sebuah WCMS memungkinkan pengguna non-teknis untuk melakukan perubahan pada website dengan sedikit pelatihan.  Sebuah WCMS biasanya membutuhkan seorang administrator sistem dan / atau web developer untuk membuat dan menambahkan fitur, tetapi pada dasarnya merupakan suatu alat untuk pemeliharaan website non-teknis staf.

 Kemampuan
 Sebuah sistem manajemen konten web digunakan untuk mengontrol koleksi dinamis materi Web, termasuk HTML dokumen, gambar , dan bentuk media lainnya. CMS memfasilitasi pengendalian dokumen, audit, mengedit, dan manajemen timeline.  Sebuah WCMS biasanya memiliki beberapa fitur berikut:

 Otomatis template
Buat template output standar (biasanya HTML dan XML ) yang dapat secara otomatis diterapkan untuk konten baru dan yang sudah ada, yang memungkinkan munculnya semua konten yang akan berubah dari satu tempat pusat.

 Akses Kontrol 
Beberapa sistem WCMS mendukung Grup pengguna.  Kelompok Pengguna memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana pengguna terdaftar berinteraksi dengan situs.  Sebuah halaman di situs dapat terbatas pada satu atau lebih kelompok.  Ini berarti Pengguna Anonim (seseorang tidak login), atau Logged pada Pengguna yang bukan anggota dari Grup halaman tidak boleh melakukan, akan ditolak akses ke halaman.

 Scalable ekspansi
 Tersedia dalam WCMSs paling modern adalah kemampuan untuk memperluas implementasi tunggal (satu instalasi di satu server) di beberapa domain, tergantung pada pengaturan server.  Situs WCMS mungkin dapat membuat microsites / portal web dalam situs utama sekaligus.

 Mudah diedit konten
 Setelah isi dipisahkan dari presentasi visual dari sebuah situs, biasanya menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk mengedit dan memanipulasi.  Kebanyakan WCMS perangkat lunak termasuk WYSIWYG alat editing yang memungkinkan pengguna non-teknis untuk membuat dan mengedit konten.

 Scalable fitur set
 Kebanyakan WCMS perangkat lunak termasuk plug-in atau modul yang dapat dengan mudah diinstal untuk memperluas fungsi situs yang ada itu.

 Standar web upgrade
 Aktif perangkat lunak WCMS biasanya menerima update reguler yang mencakup set fitur baru dan mempertahankan sistem sampai standar web saat ini.

 Workflow manajemen
 Workflow adalah proses menciptakan siklus tugas sekuensial dan paralel yang harus dicapai dalam CMS.  Misalnya, pencipta konten satu atau banyak bisa mengirim cerita, tetapi tidak dipublikasikan sampai editor salinan membersihkan itu dan editor-in-chief menyetujuinya.

 Kolaborasi
 CMS perangkat lunak dapat bertindak sebagai platform yang Kolaborasi memungkinkan konten yang akan diambil dan dikerjakan oleh satu atau banyak pengguna yang berwenang.  Perubahan dapat dilacak dan berwenang untuk publikasi atau diabaikan kembali ke versi lama.  Bentuk-bentuk canggih lainnya kolaborasi memungkinkan beberapa pengguna untuk memodifikasi (atau komentar) halaman pada saat yang sama dalam sesi kolaborasi.

 Delegasi
 Beberapa perangkat lunak CMS memungkinkan untuk berbagai kelompok pengguna untuk memiliki hak akses terbatas atas isi yang spesifik pada website, menyebar tanggung jawab manajemen konten.

 Dokumen manajemen
 Perangkat lunak CMS mungkin menyediakan cara untuk bersama-sama mengelola siklus hidup dokumen dari waktu penciptaan awal, melalui revisi, publikasi, arsip, dan penghancuran dokumen.

 Konten virtualisasi
 CMS perangkat lunak dapat menyediakan sarana yang memungkinkan setiap pengguna untuk bekerja dalam salinan virtual dari seluruh situs Web, set dokumen, dan / atau basis kode.  Hal ini memungkinkan perubahan pada sumber daya interdependen ganda untuk dilihat dan / atau dieksekusi dalam-konteks sebelum diajukan.

 Sindikasi konten
 CMS perangkat lunak sering membantu dalam distribusi konten dengan menghasilkan RSS dan Atom Data feed untuk sistem lain.  Mereka juga dapat mengirimkan e-mail pengguna ketika update yang tersedia sebagai bagian dari proses alur kerja.

 Multilingual
 Kemampuan untuk menampilkan konten dalam berbagai bahasa.

 Versioning
 Seperti Dokumen Sistem Manajemen perangkat lunak CMS memungkinkan proses versioning dengan halaman yang diperiksa dalam atau keluar dari WCMS, memungkinkan editor resmi untuk mengambil versi sebelumnya dan untuk melanjutkan pekerjaan dari titik yang dipilih.  Versioning berguna untuk konten yang berubah dari waktu ke waktu dan membutuhkan update, tapi mungkin perlu untuk kembali ke atau referensi salinan sebelumnya.


Jenis
 Ada tiga jenis utama WCMS: pengolahan offline, pengolahan online, dan sistem hibrida.  Istilah-istilah ini menggambarkan pola penyebaran untuk WCMS dalam hal ketika template presentasi diterapkan untuk membuat halaman web dari konten terstruktur.

 Pengolahan Offline
 Sistem ini pra-proses semua konten, menerapkan template sebelum penerbitan untuk menghasilkan halaman Web.  Sejak pra-pengolahan sistem tidak memerlukan server untuk menerapkan template pada waktu permintaan, mereka juga mungkin ada murni sebagai alat desain-waktu.

 Online pengolahan
 Sistem ini menerapkan template on-demand.  HTML dapat dihasilkan ketika pengguna mengunjungi halaman atau menarik dari web cache .
 WCMSs sumber paling terbuka memiliki kemampuan untuk mendukung add-ons, yang menyediakan kemampuan diperpanjang termasuk forum, blog, wiki, toko Web, galeri foto, manajemen kontak, dll sering disebut modul, node, widget, add-ons, atau ekstensi.  Pengaya mungkin didasarkan pada model lisensi open-source atau dibayar.

 Hybrid sistem
 Beberapa sistem menggabungkan pendekatan offline dan online.  Beberapa sistem menulis kode yang dapat dieksekusi (misalnya, JSP , ASP , PHP , ColdFusion atau Perl halaman) bukan hanya statis HTML , sehingga CMS itu sendiri tidak perlu digunakan pada setiap server Web.  Hibrida lainnya beroperasi baik dalam mode online atau offline.

 Keuntungan

 Biaya rendah
 Beberapa sistem manajemen konten yang gratis, seperti Drupal , TYPO3 , Joomla , dan WordPress .  Lain mungkin terjangkau berdasarkan langganan ukuran. Meskipun langganan bisa mahal, secara keseluruhan biaya tidak harus menyewa penuh waktu pengembang dapat menurunkan biaya total.  Ditambah perangkat lunak dapat dibeli berdasarkan kebutuhan CMSS banyak.

Mudah Kustomisasi
 Sebuah tata letak yang universal dibuat, membuat halaman memiliki tema yang sama dan desain tanpa kode banyak.  Banyak CMS alat menggunakan drag dan drop AJAX sistem untuk mode desain mereka.  Itu membuat mudah bagi pengguna pemula untuk membuat kustom depan berakhir.

 Mudah digunakan
 CMS dirancang dengan orang non-teknis dalam pikiran.  Kesederhanaan dalam desain admin UI memungkinkan manajer konten website dan pengguna lain untuk memperbarui konten tanpa pelatihan banyak coding atau aspek teknis pemeliharaan sistem.

 Workflow manajemen
 CMS menyediakan fasilitas untuk mengontrol bagaimana konten ini diterbitkan, ketika diterbitkan, dan siapa yang menerbitkan itu.  Beberapa WCMSs memungkinkan administrator untuk membuat aturan untuk alur kerja manajemen, membimbing manajer konten melalui serangkaian langkah yang diperlukan untuk setiap tugas mereka.

 Kekurangan

 Biaya pelaksanaan

 Implementasi skala yang lebih besar mungkin memerlukan pelatihan, perencanaan, dan sertifikasi.  CMSS tertentu mungkin memerlukan instalasi perangkat keras.  Komitmen untuk perangkat lunak diperlukan investasi lebih besar.  Komitmen untuk pelatihan, pengembangan pemeliharaan, dan semua biaya yang akan dikeluarkan untuk sistem perusahaan.

 Biaya pemeliharaan
 Mempertahankan CMSS mungkin memerlukan update lisensi, upgrade, dan pemeliharaan perangkat keras.
 Latency masalah
 CMS yang lebih besar dapat mengalami latency jika infrastruktur hardware tidak up to date, jika database tidak dimanfaatkan dengan benar, dan jika web cache file yang harus dimuat ulang setiap data waktu diperbarui tumbuh besar. Load balancing masalah juga dapat merusak file caching.

 Mencampur Alat
 Karena URL CMSS banyak dihasilkan secara dinamis dengan parameter internal dan informasi referensi, mereka sering tidak cukup stabil untuk halaman statis dan alat-alat Web lain, terutama mesin pencari, bergantung pada mereka.

 Komponen sistem manajemen konten

 Sebuah konten komponen manajemen sistem (CCMS) adalah sistem manajemen konten yang mengelola konten pada tingkat rinci (komponen) daripada di tingkat dokumen.  Setiap komponen merupakan topik konsep, tunggal atau aset (misalnya gambar, tabel, deskripsi produk, prosedur).
 CCM harus dapat melacak "tidak hanya versi topik dan grafis tetapi hubungan antara topik, grafik, peta, publikasi, dan kiriman."
 Komponen dapat sebagai besar sebagai sebuah bab atau sekecil definisi atau bahkan sebuah kata.  Komponen dalam majelis konten ganda (jenis konten) dapat dilihat sebagai komponen atau dokumen tradisional.
 Meskipun dokumentasi modular tidak selalu berbasis XML, biasanya terjadi.  Standar meliputi:
•     Darwin Informasi Mengetik Arsitektur (Dita)
•     S1000D .
 Tantangan bagi penulis teknis meliputi topik berbasis authoring , yang bergeser dari menulis buku berbentuk, dokumentasi linier untuk menulis konten komponen modular, terstruktur dan dapat digunakan kembali.
 Setiap komponen hanya disimpan satu kali dalam sistem manajemen konten, yang merupakan sumber tunggal terpercaya konten.  Komponen ini kemudian digunakan kembali (bukan disalin dan disisipkan) dalam dokumen atau di beberapa dokumen.  Hal ini memastikan konten yang konsisten di set dokumentasi keseluruhan.
 Setiap komponen memiliki siklus hidup sendiri (pemilik, versi, persetujuan, digunakan) dan dapat dilacak secara individual atau sebagai bagian dari perakitan.  Komponen manajemen konten (CCM) biasanya digunakan untuk multi-channel pelanggan menghadapi konten (pemasaran, penggunaan, pembelajaran, dukungan).  CCM dapat menjadi sistem yang terpisah atau menjadi fungsi lain manajemen konten jenis sistem (misalnya, perusahaan manajemen konten atau web manajemen konten ).


 Manfaat

 Manfaat mengelola isi di tingkat komponen:
1.     Lebih besar konsistensi dan akurasi.
2.     Mengurangi biaya pemeliharaan.
3.     Mengurangi biaya pengiriman.
4.     Biaya penerjemahan berkurang.
 Manfaat menggunakan sistem komponen manajemen konten:
•     Versi dan kontrol atas dokumen dan isi - kembali atau tidak.
•     Periksa dampak terhadap perubahan konten digunakan kembali.
•     Peningkatan kolaborasi dan otomatisasi dengan alur kerja.
•     Mengelola rilis dokumentasi.
•     Kemudahan link dan pemeliharaan konten.
•     Mengurangi biaya terjemahan.
•     Tinggi kolaborasi.
•     Peningkatan modularitas.
•     Integrasi dengan editor.

0 komentar:

Posting Komentar