Modul : Perkuliahan ke-7 (Tatap Muka)
Judul Modul : Implementasi dan Strategi
Dosen : Ratna Mutu Manikam, SKom,MT
Implementasi dan Strategi
Anda tahu perusahaan anda membutuhkan Implementasi Portal
Perusahaan, tapi bagaimana anda mengimplementasikan dan teknologi apa yang anda
butuhkan? Jika diimplementasikan secara tepat, Solusi Portal menyediakan sesuai
selera atau keinginan, akses tunggal pada informasi penting dan servis, baik
dari sumber internal dan eksternal. Secara keseluruhan, rencana arsitektur
perusahaan yang fleksibel dibutuhkann untuk memungkinkan integrasi menyeluruh
dari solusi portal. Topik penting fleksibel dibutuhkan untuk memungkinkan
integrasi menyeluruh dari solusi portal yang sukses yang dijelaskan berikut ini
:
- · Strategi
Investigasi, implementasi, pengukuran, dan pemeliharaan
solusi portal menjadi factor yang disertakan dalam strategi bisnis keseluruhan
perusahaan anda. Pemahaman yang tepat terhadap strategi perusahaan akan
memungkinkan anda untuk menempatkan komponen-komponen fungsional yang tepat
pada fase yang tepat dari implementasi anda yang memungkinkan perusahaan anda
memperoleh nilai bisnis lebih sebagai sebuah fase yang menghasilkan.
- · Trend
Portal dimunculkan dari berbagai macam pasar sebagai
komponen yang kuat dari solusi penyampaian sesuatu. Pemahaman terhadap sesuatu
yang baru dan segala hal yang penting dan patut diperhatikan mempengaruhi pasar
portal sehingga sebuah tahapan penting dalam mendefinisikan solusi untuk
strategi perusahaan dalam penyebaran (pembagian) manajer proyek atau pekerja
ahli dengan merencanakan sebuah portal.
- · Perencanaan dan Investigasi
Just getting started? Tahapan pertama yang menyertakan
riset, penulisan kasus-kasus bisnis, seting metrik, dan sebagainya. Bagian ini
berisi tulisan dan artikel-artikel yang berhubungan dengan solusi vendor dan
metodologi.
- · Kasus Bisnis
Kasus bisnis terdiri dari arah pemetaan bisnis untuk
kebutuhan pengguna, dengan menghubungkan dampak finansial dan kebutuhan yang
harus dipenuhi. Dampak finansial dapat berbagai macam tapi harus tajam, dan
hasilnya terukur secara angka.
- · Studi Kelayakan
Dalam kasus ini adalah sangat bermanfaat untuk memulai
solusi portal adalah dengan studi kelayakan. Sebagai sebuah studi dengan tujuan
spesifik:
1)Akses dan prioritas terhadap kebutuhan bisnis
2)Mengetahui kelayakan dari konsep secara fundamental
3)Identifikasi dan menimbang segala hal/permasalahan (isu)
yang terkait dengan implementasi
4)Identifikasi faktorfaktor penting yang menyebabkan kesuksesan
5)Mengetahui besarnya biaya mempertemukan
kebutuhan-kebutuhan bisnis berdasar pada skema prioritas.
Kelayakan bagi sebuah implementasi luas dari perusahaan
dapat didemonstrasikan melalui prototipe atau pilot solusi.
>>Faktor-faktor yang membawa sukses
Implementasi portal secara luas bagi perusahaan memunculkan
“faktor penentu sukses (critical success factors)” baru. Sebagian besar
implementasi mempunyai faktor sukses standar seperti sebagai berikut :
pemahaman akan kebutuhan yang baik, dukungan top manajemen, representasi area
bisnis, dan sebuah budaya yang mendukung kolaborasi dan tim kerja. Dalam hal
ini ada lebih banyak faktor spesifik sukses yang dihasilkan dari implementasi
portal yang mengharuskan menemukan keseimbangan penting antara sentralisasi dan
desentralisasi; hal-hal yang mengurangi manfaat dan keamanan, dan minimnya
teknologi vs minimnya perhatian bisnis.
Return On Investment (ROI) atau Pengembalian Investasi
Perhitungan akan banyaknya uang yang disimpan atau didapat
sebagai hasil dari sebuah investasi dalam sebuah solusi portal.
Perhitungan ROI seharusnya digunakan dalam pembangunan
bisnis sesuai dengan proposal awal; yakin terhadap faktor dalam investasi yaitu
waktu dan modal. Pada umumnya dalam implementasi portal adalah mempersingkat
proses bisnis dalam pengembalian ROI, bagaimanapun juga untuk setiap
implementasi portal, perhitungan ROI dapat diperoleh.
• Kebutuhan Informasi
Pemahaman penggunaan informasi bisnis adalah tahapan utama
sebelum kita menyeleksi teknologi portal. Diawali sebuah studi informasi bisnis
untuk memahami bagaimana informasi digunakan dalam suatu organisasi,
tujuan-tujuan diantaranya adalah memahami sebagai berikut :
1)Siapa yang menggunakan informasi
2)Bagaimana informasi digunakan
3)Bagaimana informasi mengalir, di dalam atau di luar area
bisnis.
Umumnya sebagai bagian dari fase discovery (penemuan), ada
tiga tipe umum penggunaan yang akan diungkapkan sebagai berikut :
o Penggunaan internal untuk aplikasi dalam area internal
dari komunitas pengguna (B2E atau Business to Employee).
o Bisnis ke komunitas bisnis (perdagangan)
o Bisnis ke konsumen (B2C)
Bila dipahami lebih lanjut pada masing-masing kategori
secara lebih luas menggunakan implikasi-implikasi dari keamanan, ketersediaan,
dan skalabilitas yang diperoleh. Berdasarkan pada komunitas dan kelas-kelas
pengguna, tahapan selanjutnya adalah identifikasi informasi (termasuk bisnis
intellegent, dokumen, halaman web, pola hidup, dan sebagainya),
aplikasi-aplikasi dan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengakses melalui portal
dalam membantu pekerjaannya.
• Proses bisnis atau aliran kerja
Pemahaman umum dari proses bisnis dari semua konsumen portal
(individu, departemen, divisi, lingkup perusahaan) dapat dipengaruhi oleh
solusi portal anda untuk menyediakan nilai bisnis melalui penghematan waktu
atau pengurangan biaya umum.
• Arsitektur perusahaan
Arsitektur ini termasuk perencanaan, metode-metode, dan
alat-alat yang dimaksudkan untuk menyediakan akses satu titik bagi informasi
dan aplikasi-aplikasi yang melintasi perusahaan. Arsitektur perusahaan
mendefinisikan “blueprint“ (segala hal yang telah direncanakan) teknologi
dimana segala komponen teknik dari perusahaan siap disatukan.
• Implementasi dan penyebaran
Saat ini anda telah mendefinisikan strategi portal anda,
review terhadap kebutuhan bisnis anda dan divalidasi oleh ROI untuk solusi
anda, ini adalah ketika informasi menolong anda merencanakan sebuah
implementasi dan penyebaran yang sukses. Implementasi portal cukup unik sebagai
pertimbangan ketika membangun rencana implementasi dan penyebaran anda.
#Apa kiat terbaik untuk membuat portal yang sukses?
Dari sisi teknologi, portal
sebetulnya merupakan Web server yang tersambung ke Internet dengan berbagai
fasilitas dasar pendukungnya seperti database, tempat / wadah deposit artikel
dan paper. Memang pada beberapa portal dikembangkan teknik-teknik yang sedikit
lebih eksotik dengan mengirimkan secara aktif informasi ke SMS, FAX maupun
pager pelanggan-nya agar tanpa perlu mem-browse ke internet paling tidak
overview dari informasi yang dibutuhkan dapat diterima dengan mudah oleh
pengguna. Pada prinsip-nya sebetulnya tidak ada yang terlalu istimewa dari sisi
teknologi.
Yang paling seru terutama dalam
filosofi dibelakangnya yang memungkinkan untuk portal tersebut agar survive
dalam kompetisi di dunia maya. Beberapa berusaha menggunakan hit-rate sebagai
parameter untuk mengevaluasi tingkat ke sukses-an, terus terang saya kurang
setuju. Filosofi di belakang portal saya rasa harus berpihak pada manusia yang
mengakses portal – yang notabene umumnya berpendidikan, sangat suka jika
dibedakan dengan orang lain, mempunyai karakteristik yang beda satu dengan
lain. Berbeda 180 derajat dengan massa biasa yang sering kita lihat di jalan
pada saat demo di depan MPR, massa tipe demontran ini biasanya lebih sering di
identikan dengan sekelompok orang yang homogen, dari satu kelompok yang sama
dan dapat di layani dengan cara yang sama, massal tanpa perlu membedakan satu
orang dengan yang lain.
Keberhasilan mengumpulkan massa /
komunitas di Internet akan menjadi kunci keberhasilan agar sebuah portal
menjadi langgeng & survive dalam jangka panjang. Pada tingkat yang
sederhana mungkin kemampuan menyajikan berita yang akurat & cepat akan
menjadikan sebuah portal dinamis (tidak statis) akan menyebabkan pengguna
menempel di portal tersebut. Tentunya informasi masih lebih banyak satu arah
dengan meningkatkan effisiensi penayangan informasi.
Pada tingkat lanjut, harus
ditambahkan pula beberapa hal penentu seperti mekanisme-mekanisme umpan balik
dan partisipatif dari pengguna yang menyebabkan arus informasi lebih dua arah
(interaktif). Talk show, diskusi akan menjadi bagian mendasar dari proses
tranfer pengetahuan implicit / tacit yang jauh lebih menarik daripada informasi
satu arah. Dalam prosesnya tentu penyelenggara portal harus pandai-pandai
menangkap profil dari pengguna-nya, apakah dengan cara memberikan e-mail
gratis, mengisi formulir dll dll – sehingga akan sangat membantu
mengidentifikasi arah portal maupun justifikasi keberhasilan portal.
Pada tingkat yang lebih tinggi
lagi, percepatan putaran juga dilakukan pada dokumen / artikel yang sifatnya
lebih analisis yang lebih mendalam dalam pembahasan-nya tidak hanya berupa
kumpulan berita saja. Dokumen / paper pengetahuan yang mendalam tersebut akan
pada akhirnya menjadi dasar dari proses transfer pengetahuan eksplisit.
Tentunya penayangan pengetahuan / analisis yang dilakukan harus bisa di
personalisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
Kesempatan masih banyak, karena
setahu saya belum ada portal indonesia yang mencapai tahapan knowledge commerce
yang saya jelaskan barusan. Sebagian besar portal masih berada di tingkat media
online yang berkutat di percepatan transfer informasi belum sampai pada
percepatan transfer pengetahuan.
#Kiat-kiat membuat portal murah
Seberapa murah membangun portal web
kualitas perusahaan? Berapa pun biaya yang dimiliki, asal sudah memiliki nama
domain seperti www.namakamu.com, sebenarnya sudah bisa membangun portal web.
Harga domain dot com sekarang berkisar Rp 80.000-Rp 100.000 per tahun. Sangat
terjangkau.
Untuk hosting (ruang file di
hardisk server), server lokal Indonesia memang mahal. Namun, jangan khawatir,
di tengah ekspansi perusahaan hosting Amerika Serikat, hosting makin murah dan
bahkan ada yang gratis.
Dengan demikian, hanya dengan biaya
mulai Rp 100.000 per tahun, plus semangat belajar membangun portal sendiri,
sudah bisa memiliki portal web profesional yang citranya berbeda dengan website
a la weblog atau Multiply yang gratisan itu.
Dalam hal fungsi dan kemampuannya,
software portal web berbeda dengan content management system (CMS). Namun, di
Indonesia kedua istilah ini dianggap sama karena akhirnya merujuk website
interaktif dan memiliki alur kerja otomatis.
Membuat portal web berarti memasang
software CMS di dalam website kita. Kali ini software CMS dibatasi pada
software gratis dari open source yang berbasis bahasa pemrograman PHP dan
database MySQL.
"Software" gratis
Sepuluh tahun lalu banyak proposal
bernilai miliaran rupiah, baik di instansi swasta maupun pemerintah, yang ingin
membangun portal web. Dikiranya, membangun portal web harus membangun server
sendiri, membuat jaringan online sendiri, dan merekrut barisan programmer serta
desainer sendiri.
Sekarang, situasi seperti itu sudah
berlalu. Teknologi server yang canggih dan murah serta makin kuatnya software
open source memberi kontribusi utama. Dengan adanya open source gratis,
membangun website tak harus memulai membuat software dari nol.
"Website pakai software open
source? Bagaimana dengan security-nya? Enggak keren ah pake gratisan. Bagaimana
kalau nanti ada masalah?" masih banyak deretan pertanyaan yang
menyangsikan open source.
Jangan khawatir, puluhan tahun open
source telah berhasil merekrut "pendekar-pendekar" yang pakar di
bidang masing-masing. Mereka bekerja tanpa dibayar. Jika ada masalah terhadap
software itu, para pendukung open source seluruh dunia bahu-membahu menangani.
Tradisi open source puluhan tahun
telah menempa para pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa itu untuk berkompetisi
meningkatkan keamanan. Software open source yang sudah establish secara tradisi
juga memiliki pengalaman panjang untuk diserang para cracker.
Karena itu, memilih open source
yang establish dalam konteks ini lebih aman dan murah meriah dibandingkan
dengan harus membangun program dari nol.
Karena berbiaya rendah, untuk
membangun portal web biasanya hanya diputuskan dalam hitungan menit, bukan
dalam hitungan hari, bulan, apalagi tahun. Para pembuat portal web
berlomba-lomba untuk merebut traffict pengunjung.
Karena itu, jangan heran kalau di
Indonesia saja hampir semua tema sudah digarap. Tiap hari bisa lahir puluhan
portal web baru yang berkompetisi.
Dengan CMS, pekerjaan mengirim
berita, foto, video, pengumuman, iklan, dan materi lain akan terstruktur dan
terotomatisasi oleh sistem. Sistem keanggotaan, sistem pencarian database
internal, statistik pengunjung, sistem survei, rating tulisan, blog, chat,
radio online, sistem komentar tulisan, forum, galeri foto, dan masih banyak
yang semuanya terintegrasi dan tidak berdiri sendiri-sendiri.
Ciri CMS terletak pada struktur
kerja yang terotomatisasi. Jika web Anda sampai sekarang masih mengirim foto
secara manual, misalnya fullscreen dan foto kecil atau thumbnail dibuat manual,
berarti software itu belum memenuhi kaidah CMS.
CMS sejuta umat
The Packt Open Source CMS Award
2007 (packtpub.com) akhir Oktober lalu telah menobatkan Joomla (jomla.org)
sebagai Best PHP Open Source CMS, disusul Drupal (drupal.org), dan e107
(e107.org).
Joomla tergeser posisinya oleh
Drupal dalam kategori juara umum atau Overall Open Source CMS. Drupal urutan
pertama, disusul Joomla, dan CMS Made Simple (cmsmadesimple.org).
Urutan Most Promising Open Source
CMS adalah MODx (modxcms.com), TYPOlight (typolight.org), dan dotCMS (dotcms.
org). Best Other Open Source CMS adalah mojoPortal (mojoportal.com), Plone
(plone.org), dan Silva (infrae.com/products/silva). Best Open Source Social
Networking CMS adalah WordPress (wordpress.org), Drupal, dan Elgg (elgg.org).
Drupal dikenal sebagai CMS
"clean" desain dan powerfull untuk semua jenis web. Walau juara umum
dipegang Drupal, tak terbantahkan bahwa Joomla masih menjadi "CMS sejuta
umat", paling banyak digunakan karena mudah dioperasikan.
Joomla memang banyak mencuri
perhatian, tetapi tak semua menganggap Joomla pilihan terbaik untuk semua
kebutuhan. Masih banyak CMS gratis yang cocok untuk kebutuhan yang lebih
kompleks. Bagi sebagian orang, memilih CMS itu seperti memilih
"ideologi". Karena itu, sebelum memilih cobalah dulu fasilitasnya.