Kamis, 16 Oktober 2014

TUGAS ARTIKEL (E-Learning) Konsep Portal&Management Konten Pt.7

Artikel dalam rangka memenuhi tugas : Konsep Portal & Manajemen Konten
Modul : Perkuliahan ke-7 (Tatap Muka)
Judul Modul : Implementasi dan Strategi

Dosen : Ratna Mutu Manikam, SKom,MT



Implementasi dan Strategi

Anda tahu perusahaan anda membutuhkan Implementasi Portal Perusahaan, tapi bagaimana anda mengimplementasikan dan teknologi apa yang anda butuhkan? Jika diimplementasikan secara tepat, Solusi Portal menyediakan sesuai selera atau keinginan, akses tunggal pada informasi penting dan servis, baik dari sumber internal dan eksternal. Secara keseluruhan, rencana arsitektur perusahaan yang fleksibel dibutuhkann untuk memungkinkan integrasi menyeluruh dari solusi portal. Topik penting fleksibel dibutuhkan untuk memungkinkan integrasi menyeluruh dari solusi portal yang sukses yang dijelaskan berikut ini :

  • ·         Strategi

Investigasi, implementasi, pengukuran, dan pemeliharaan solusi portal menjadi factor yang disertakan dalam strategi bisnis keseluruhan perusahaan anda. Pemahaman yang tepat terhadap strategi perusahaan akan memungkinkan anda untuk menempatkan komponen-komponen fungsional yang tepat pada fase yang tepat dari implementasi anda yang memungkinkan perusahaan anda memperoleh nilai bisnis lebih sebagai sebuah fase yang menghasilkan.

  • ·         Trend

Portal dimunculkan dari berbagai macam pasar sebagai komponen yang kuat dari solusi penyampaian sesuatu. Pemahaman terhadap sesuatu yang baru dan segala hal yang penting dan patut diperhatikan mempengaruhi pasar portal sehingga sebuah tahapan penting dalam mendefinisikan solusi untuk strategi perusahaan dalam penyebaran (pembagian) manajer proyek atau pekerja ahli dengan merencanakan sebuah portal.

  • ·         Perencanaan dan Investigasi

Just getting started? Tahapan pertama yang menyertakan riset, penulisan kasus-kasus bisnis, seting metrik, dan sebagainya. Bagian ini berisi tulisan dan artikel-artikel yang berhubungan dengan solusi vendor dan metodologi.

  • ·         Kasus Bisnis

Kasus bisnis terdiri dari arah pemetaan bisnis untuk kebutuhan pengguna, dengan menghubungkan dampak finansial dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Dampak finansial dapat berbagai macam tapi harus tajam, dan hasilnya terukur secara angka.
  • ·         Studi Kelayakan

Dalam kasus ini adalah sangat bermanfaat untuk memulai solusi portal adalah dengan studi kelayakan. Sebagai sebuah studi dengan tujuan spesifik:
1)Akses dan prioritas terhadap kebutuhan bisnis
2)Mengetahui kelayakan dari konsep secara fundamental
3)Identifikasi dan menimbang segala hal/permasalahan (isu) yang terkait dengan implementasi
4)Identifikasi faktorfaktor penting yang menyebabkan kesuksesan
5)Mengetahui besarnya biaya mempertemukan kebutuhan-kebutuhan bisnis berdasar pada skema prioritas.
Kelayakan bagi sebuah implementasi luas dari perusahaan dapat didemonstrasikan melalui prototipe atau pilot solusi.

 >>Faktor-faktor yang membawa sukses
Implementasi portal secara luas bagi perusahaan memunculkan “faktor penentu sukses (critical success factors)” baru. Sebagian besar implementasi mempunyai faktor sukses standar seperti sebagai berikut : pemahaman akan kebutuhan yang baik, dukungan top manajemen, representasi area bisnis, dan sebuah budaya yang mendukung kolaborasi dan tim kerja. Dalam hal ini ada lebih banyak faktor spesifik sukses yang dihasilkan dari implementasi portal yang mengharuskan menemukan keseimbangan penting antara sentralisasi dan desentralisasi; hal-hal yang mengurangi manfaat dan keamanan, dan minimnya teknologi vs minimnya perhatian bisnis.


Return On Investment (ROI) atau Pengembalian Investasi
Perhitungan akan banyaknya uang yang disimpan atau didapat sebagai hasil dari sebuah investasi dalam sebuah solusi portal.
Perhitungan ROI seharusnya digunakan dalam pembangunan bisnis sesuai dengan proposal awal; yakin terhadap faktor dalam investasi yaitu waktu dan modal. Pada umumnya dalam implementasi portal adalah mempersingkat proses bisnis dalam pengembalian ROI, bagaimanapun juga untuk setiap implementasi portal, perhitungan ROI dapat diperoleh.

• Kebutuhan Informasi
Pemahaman penggunaan informasi bisnis adalah tahapan utama sebelum kita menyeleksi teknologi portal. Diawali sebuah studi informasi bisnis untuk memahami bagaimana informasi digunakan dalam suatu organisasi, tujuan-tujuan diantaranya adalah memahami sebagai berikut :
1)Siapa yang menggunakan informasi
2)Bagaimana informasi digunakan
3)Bagaimana informasi mengalir, di dalam atau di luar area bisnis.
Umumnya sebagai bagian dari fase discovery (penemuan), ada tiga tipe umum penggunaan yang akan diungkapkan sebagai berikut :
o Penggunaan internal untuk aplikasi dalam area internal dari komunitas pengguna (B2E atau Business to Employee).
o Bisnis ke komunitas bisnis (perdagangan)
o Bisnis ke konsumen (B2C)
Bila dipahami lebih lanjut pada masing-masing kategori secara lebih luas menggunakan implikasi-implikasi dari keamanan, ketersediaan, dan skalabilitas yang diperoleh. Berdasarkan pada komunitas dan kelas-kelas pengguna, tahapan selanjutnya adalah identifikasi informasi (termasuk bisnis intellegent, dokumen, halaman web, pola hidup, dan sebagainya), aplikasi-aplikasi dan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengakses melalui portal dalam membantu pekerjaannya.

• Proses bisnis atau aliran kerja
Pemahaman umum dari proses bisnis dari semua konsumen portal (individu, departemen, divisi, lingkup perusahaan) dapat dipengaruhi oleh solusi portal anda untuk menyediakan nilai bisnis melalui penghematan waktu atau pengurangan biaya umum.

• Arsitektur perusahaan
Arsitektur ini termasuk perencanaan, metode-metode, dan alat-alat yang dimaksudkan untuk menyediakan akses satu titik bagi informasi dan aplikasi-aplikasi yang melintasi perusahaan. Arsitektur perusahaan mendefinisikan “blueprint“ (segala hal yang telah direncanakan) teknologi dimana segala komponen teknik dari perusahaan siap disatukan.

• Implementasi dan penyebaran
Saat ini anda telah mendefinisikan strategi portal anda, review terhadap kebutuhan bisnis anda dan divalidasi oleh ROI untuk solusi anda, ini adalah ketika informasi menolong anda merencanakan sebuah implementasi dan penyebaran yang sukses. Implementasi portal cukup unik sebagai pertimbangan ketika membangun rencana implementasi dan penyebaran anda.

#Apa kiat terbaik untuk membuat portal yang sukses?
Dari sisi teknologi, portal sebetulnya merupakan Web server yang tersambung ke Internet dengan berbagai fasilitas dasar pendukungnya seperti database, tempat / wadah deposit artikel dan paper. Memang pada beberapa portal dikembangkan teknik-teknik yang sedikit lebih eksotik dengan mengirimkan secara aktif informasi ke SMS, FAX maupun pager pelanggan-nya agar tanpa perlu mem-browse ke internet paling tidak overview dari informasi yang dibutuhkan dapat diterima dengan mudah oleh pengguna. Pada prinsip-nya sebetulnya tidak ada yang terlalu istimewa dari sisi teknologi.
Yang paling seru terutama dalam filosofi dibelakangnya yang memungkinkan untuk portal tersebut agar survive dalam kompetisi di dunia maya. Beberapa berusaha menggunakan hit-rate sebagai parameter untuk mengevaluasi tingkat ke sukses-an, terus terang saya kurang setuju. Filosofi di belakang portal saya rasa harus berpihak pada manusia yang mengakses portal – yang notabene umumnya berpendidikan, sangat suka jika dibedakan dengan orang lain, mempunyai karakteristik yang beda satu dengan lain. Berbeda 180 derajat dengan massa biasa yang sering kita lihat di jalan pada saat demo di depan MPR, massa tipe demontran ini biasanya lebih sering di identikan dengan sekelompok orang yang homogen, dari satu kelompok yang sama dan dapat di layani dengan cara yang sama, massal tanpa perlu membedakan satu orang dengan yang lain.
Keberhasilan mengumpulkan massa / komunitas di Internet akan menjadi kunci keberhasilan agar sebuah portal menjadi langgeng & survive dalam jangka panjang. Pada tingkat yang sederhana mungkin kemampuan menyajikan berita yang akurat & cepat akan menjadikan sebuah portal dinamis (tidak statis) akan menyebabkan pengguna menempel di portal tersebut. Tentunya informasi masih lebih banyak satu arah dengan meningkatkan effisiensi penayangan informasi.
Pada tingkat lanjut, harus ditambahkan pula beberapa hal penentu seperti mekanisme-mekanisme umpan balik dan partisipatif dari pengguna yang menyebabkan arus informasi lebih dua arah (interaktif). Talk show, diskusi akan menjadi bagian mendasar dari proses tranfer pengetahuan implicit / tacit yang jauh lebih menarik daripada informasi satu arah. Dalam prosesnya tentu penyelenggara portal harus pandai-pandai menangkap profil dari pengguna-nya, apakah dengan cara memberikan e-mail gratis, mengisi formulir dll dll – sehingga akan sangat membantu mengidentifikasi arah portal maupun justifikasi keberhasilan portal.
Pada tingkat yang lebih tinggi lagi, percepatan putaran juga dilakukan pada dokumen / artikel yang sifatnya lebih analisis yang lebih mendalam dalam pembahasan-nya tidak hanya berupa kumpulan berita saja. Dokumen / paper pengetahuan yang mendalam tersebut akan pada akhirnya menjadi dasar dari proses transfer pengetahuan eksplisit. Tentunya penayangan pengetahuan / analisis yang dilakukan harus bisa di personalisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
Kesempatan masih banyak, karena setahu saya belum ada portal indonesia yang mencapai tahapan knowledge commerce yang saya jelaskan barusan. Sebagian besar portal masih berada di tingkat media online yang berkutat di percepatan transfer informasi belum sampai pada percepatan transfer pengetahuan.

#Kiat-kiat membuat portal murah
Seberapa murah membangun portal web kualitas perusahaan? Berapa pun biaya yang dimiliki, asal sudah memiliki nama domain seperti www.namakamu.com, sebenarnya sudah bisa membangun portal web. Harga domain dot com sekarang berkisar Rp 80.000-Rp 100.000 per tahun. Sangat terjangkau.
Untuk hosting (ruang file di hardisk server), server lokal Indonesia memang mahal. Namun, jangan khawatir, di tengah ekspansi perusahaan hosting Amerika Serikat, hosting makin murah dan bahkan ada yang gratis.
Dengan demikian, hanya dengan biaya mulai Rp 100.000 per tahun, plus semangat belajar membangun portal sendiri, sudah bisa memiliki portal web profesional yang citranya berbeda dengan website a la weblog atau Multiply yang gratisan itu.
Dalam hal fungsi dan kemampuannya, software portal web berbeda dengan content management system (CMS). Namun, di Indonesia kedua istilah ini dianggap sama karena akhirnya merujuk website interaktif dan memiliki alur kerja otomatis.
Membuat portal web berarti memasang software CMS di dalam website kita. Kali ini software CMS dibatasi pada software gratis dari open source yang berbasis bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

"Software" gratis
Sepuluh tahun lalu banyak proposal bernilai miliaran rupiah, baik di instansi swasta maupun pemerintah, yang ingin membangun portal web. Dikiranya, membangun portal web harus membangun server sendiri, membuat jaringan online sendiri, dan merekrut barisan programmer serta desainer sendiri.
Sekarang, situasi seperti itu sudah berlalu. Teknologi server yang canggih dan murah serta makin kuatnya software open source memberi kontribusi utama. Dengan adanya open source gratis, membangun website tak harus memulai membuat software dari nol.
"Website pakai software open source? Bagaimana dengan security-nya? Enggak keren ah pake gratisan. Bagaimana kalau nanti ada masalah?" masih banyak deretan pertanyaan yang menyangsikan open source.
Jangan khawatir, puluhan tahun open source telah berhasil merekrut "pendekar-pendekar" yang pakar di bidang masing-masing. Mereka bekerja tanpa dibayar. Jika ada masalah terhadap software itu, para pendukung open source seluruh dunia bahu-membahu menangani.
Tradisi open source puluhan tahun telah menempa para pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa itu untuk berkompetisi meningkatkan keamanan. Software open source yang sudah establish secara tradisi juga memiliki pengalaman panjang untuk diserang para cracker.
Karena itu, memilih open source yang establish dalam konteks ini lebih aman dan murah meriah dibandingkan dengan harus membangun program dari nol.
Karena berbiaya rendah, untuk membangun portal web biasanya hanya diputuskan dalam hitungan menit, bukan dalam hitungan hari, bulan, apalagi tahun. Para pembuat portal web berlomba-lomba untuk merebut traffict pengunjung.
Karena itu, jangan heran kalau di Indonesia saja hampir semua tema sudah digarap. Tiap hari bisa lahir puluhan portal web baru yang berkompetisi.
Dengan CMS, pekerjaan mengirim berita, foto, video, pengumuman, iklan, dan materi lain akan terstruktur dan terotomatisasi oleh sistem. Sistem keanggotaan, sistem pencarian database internal, statistik pengunjung, sistem survei, rating tulisan, blog, chat, radio online, sistem komentar tulisan, forum, galeri foto, dan masih banyak yang semuanya terintegrasi dan tidak berdiri sendiri-sendiri.
Ciri CMS terletak pada struktur kerja yang terotomatisasi. Jika web Anda sampai sekarang masih mengirim foto secara manual, misalnya fullscreen dan foto kecil atau thumbnail dibuat manual, berarti software itu belum memenuhi kaidah CMS.

CMS sejuta umat
The Packt Open Source CMS Award 2007 (packtpub.com) akhir Oktober lalu telah menobatkan Joomla (jomla.org) sebagai Best PHP Open Source CMS, disusul Drupal (drupal.org), dan e107 (e107.org).
Joomla tergeser posisinya oleh Drupal dalam kategori juara umum atau Overall Open Source CMS. Drupal urutan pertama, disusul Joomla, dan CMS Made Simple (cmsmadesimple.org).
Urutan Most Promising Open Source CMS adalah MODx (modxcms.com), TYPOlight (typolight.org), dan dotCMS (dotcms. org). Best Other Open Source CMS adalah mojoPortal (mojoportal.com), Plone (plone.org), dan Silva (infrae.com/products/silva). Best Open Source Social Networking CMS adalah WordPress (wordpress.org), Drupal, dan Elgg (elgg.org).
Drupal dikenal sebagai CMS "clean" desain dan powerfull untuk semua jenis web. Walau juara umum dipegang Drupal, tak terbantahkan bahwa Joomla masih menjadi "CMS sejuta umat", paling banyak digunakan karena mudah dioperasikan.
Joomla memang banyak mencuri perhatian, tetapi tak semua menganggap Joomla pilihan terbaik untuk semua kebutuhan. Masih banyak CMS gratis yang cocok untuk kebutuhan yang lebih kompleks. Bagi sebagian orang, memilih CMS itu seperti memilih "ideologi". Karena itu, sebelum memilih cobalah dulu fasilitasnya.

Minggu, 12 Oktober 2014

TUGAS ARTIKEL (E-Learning) Konsep Portal&Management Konten Pt.6

Artikel dalam rangka memenuhi tugas  : Konsep Portal & Manajemen Konten
Modul                                                     : Perkuliahan ke-6 (On Line)
Judul Modul                                           : Portal dan Keamanan



Sebuah infrastruktur penting dari e-bisnis adalah Publik Key Infrastructure dimana harus ada satu lembaga independen dan dipercaya ( trust agen ) sebagai penyelenggara PKI. Lembaga ini dikenal dengan lembaga Certification Authority ( CA ).

Komponen Public Key Infrastructure

1. Certification Authority (CAs)
Suatu badan yang berwenang untuk memberikan validasi atau sertifikat digital pada kunci publik dalam suatu negara.

2. Repository Key, sertifikat dan Certification Revocatiaon (CRLs) Basis data untuk menyimpan semua data tentang kunci publik dan sertifikat kunci publik tersebut. Disamping itu terdapat list expiry time untuk manajemen kunci bagi para pemilik kunci. CRL merupakan daftar kunci yang harus ditarik dan diganti dengan kunci baru. CA secara perodik mengeluarkan CRL yang berisi nomor seri sertifikat digital yang ditarik. sertifikat digital yang sudah kadaluarsa otomatis dianggap sudah tidak sah lagi dan dimasukkan kedalam CRL. dengan cara ini, maka CA tidak perlu memberitahu perubahan sertifikat digital kepada setiap orang.

3. Management Function
Satu prosedur yang digunakan untuk menjadi guideline dari keseluruhan proses yang ada dalam kunci publik ( PKI ).

4. Policy Approving authority (PAA), memberikan guideline untuk keseluruhan PKI dan mlakukan sertifikat kunci publik dari PCA.

5. Policy Certification Authority(PCA),memberikan policy untuk semua CA dan user yang ada pada domainnya dan melakukan sertifikat kunci publik dari CA.

6.Organization Registration Authority (ORA), entitas yang berperan sebagai perantara antara CA dan user .

Fungsi yang dilakukan PKI

PKI melindungi keamanan informasi yang dikirimkan selama transmisi atau transaksi dilakukan dalam berbagai cara sebagai berikut :

1. Mengautentikasi identitas. Dengan sertifikat digital yang dikeluarkan oleh PKI maka tiap pihak dapat mengautentifikasi pihak lawan dalam melakuakan transaksi sehingga pihak dapat meyakini bahwa pihak yang melakukan transaksi adalah pihak yang berhak.

2. Verifikasi integritas dokumen. Dengan adanya sertifikasi digital maka dokumen dapat diyakini tidak mengalami perubahan selama pengiriman.

3. Jaminan privasi. Dengan protokol yang digunakan selama transmisi dengan menggunakan sertifikat digital maka jalur yang digunakan dalam transmisi dipastikan aman dan tidak dapat diakses oleh pihak lain yang tidak berhak.

4. Sertifikat digital dari PKI dapat menggantikan peranan proses autentifikasi user dalam sebuah sistem.

5. Dengan menggunakan sertifikat digital dari PKi maka suatu pihak dapat menetukan transaksi yang aman dengan menggunakan validasi kunci publik.

6. dukungan anti penyangkalan. Dengan adanya validasi pada sertifikat digital maka tidak mungkin untuk melakukan penyangkalan pada suatu transaksi yang telah dilakukan.

Aktivitas Kunci Publik ( PKI )

Fungsi PKI pada bahasan sebelumnya diimplentasikan dalam aktifitas sbb :
1. Pembangkitan, pemberian sertifikat, dan pendistribusian knci
2. Pemberian tanda tangan dan verifikasi tanda tangan
3. Perolehan sertifikat
4. Verifikasi sertifikat
5. Penyimpanan sertifikat untuk penggunaaan lebih lanjut
6. Perolehan sertifikat yang sudah disimpan
7. Laporan kehilangan kunci
8. Pembangkitan ulang kunci yang hilang
9. Perolehan CRL
10. Pemberian ulang kunci dan pemberian sertifikat ulang
11. Pelaksanaan audit terhadap kejadian, seperti permintaan pasangan kunci dan sertifikat
12. Pengarsipan kunci

Peranan dan cara kerja secara umum dari PKI dalam upaya menjaga keamanan transaksi melalui situs web:

>>Internet Banking
Secara umum, cara kerja internet banking agar dapat menjaga keamanan transaksi secara online adalah dengan menggunakan sertifikat digital (Certificate Authority). Sertifikat ini memastikan proses transaksi berjalan aman. Proses ini disebut Public Key Infrastructure (PKI), yaitu adalah sebuah cara untuk otentikasi, pengamanan data dan perangkat anti sangkal. Secara teknis, PKI adalah implementasi dari berbagai teknik kriptografi yang bertujuan untuk mengamankan data, memastikan keaslian data maupun pengirimnya dan mencegah penyangkalan. Secara singkat, ketika
seseorang melakukan proses transaksi online, baik pemilik rekening maupun bank melakukan pertukaran data yang telah dienkripsi. Keduanya saling bertukar public key dan private key untuk dapat bertukar data rahasia melalui sertifikat masing-masing.

>>Smart Card
--Contoh ini diambil dari Identity Management di ITB dengan menggunakan Smart Campus. Setiap pengguna sumber daya IT di kampus ITB harus memiliki sebuah digital identity. Dalam penerapannya seorang mahiswa ITB akan memiliki kartu mahasiswa yang berbasis smartcard dimana di dalamnya ditanamkan kunci privat dan kunci publik yang menjadi bagian dari PKI. Akses kepada sumber daya yang terbatas akan menggunakan smartcard ini sebagai basis dari authentication-nya


--Contoh lain adalah Smart Card yang serupa dengan kartu kredit seperti smart card dari siemen dan lain-lain. Smart Card atau Kartu cerdas menyimpan kunci privat, sertifikat digital, dan informasi lainnya untuk mengimplementaiskan PKI. Kartu cerdas juga menyimpan nomor kartu kredit dan informasi kontak personal (no telpon). Sertifikat digital ditandatangani oleh card issuer (CA) untuk mensertifikasi kunci publik pemilik kartu. Penggunaan kartu cerdas dikombinasikan dengan PIN (Personal Identification Number). Jadi, ada dua level yang harus dari penggunaan kartu cerdas, yaitu memiliki kartu cerdas itu sendiri dan mengetahui PIN yang mengakses informasi yang disimpan di dalam kartu. Komputer server mengotentikasi kartu dengan cara mengirimkan suatu nilai atau string (yang disebut challenge) ke kartu untuk ditandatangani dengan menggunakan kunci privat (yang tersimpan di dalam kartu), lalu tanda-tangan tersebut diverifikasi oleh mesin dengan menggunakan kunci publik pemilik kartu. Komputer server perlu menyimpan kunci publik card issuer untuk memvalidasi sertifikat digital.

Jumat, 03 Oktober 2014

TUGAS ARTIKEL (E-Learning) Konsep Portal&Management Konten

Artikel dalam rangka memenuhi tugas : Konsep Portal & Manajemen Konten
Modul : Perkuliahan ke-5
Judul Modul : Portal dan Infrastruktur


Pengenalan pada beberapa infrastruktur yang terkait dengan portal pada modul terkait terdapat salah satunya yaitu Hosting Service Provider. Dalam artikel yang ingin saya posting disini yaitu mengenai Web Hosting Service Provider.

Hosting Service Provider yaitu adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.

Hosting
Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.
Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.
Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Hosting

Shared Web Hosting
Adalah web host server yang digunakan beramai-ramai oleh banyak webmaster sekaligus. Kelebihan shared web hosting ini adalah harganya yang murah, sedangkan potensi kerugiannya adalah jika web server yang digunakan beramai-ramai tersebut overload, sehingga dapat menyebabkan server down atau tidak bisa diakses oleh pengunjung.
Shared web hosting cocok bagi anda yang baru memulai merintis website/blog untuk keperluan pribadi ataupun organisasi. Jika kemudian website/blog yang anda kelola sudah sangat padat pengunjugnya, sangat disarankan untuk beralih ke Virtual Private Server atau langsung Dedicated Server. Atau jika anda masih berkeberatan pindah ke server lebih tinggi, bisa juga dengan membagi masing-masing tema website anda menjadi website-website baru di shared web host server yang berbeda. Server shared web hosting yang berbeda bisa anda dapatkan dari provider sama atau provider lain.

Virtual Private Server Hosting(VPS).
Berbeda dengan Shared Web Hosting dimana banyak fitur dari sebuah server yang dibatasi, di VPS hal tersebut berkebalikan. Jika semua terasa mudah di shared Web Hosting, mungkin pada awalnya berhadapan dengan VPS akan terasa sedikit susah, sebab banyak hal yang mesti di set sendiri meskipun tak seberat Dedicated Server.
Kelebihan menggunakan Virtual Private Server adalah sebuah web server yang disediakan hanya dibagi untuk beberapa klien saja, dan masing-masing klien mendapatkan jaminan kepastian minimal memory yang bakal didapatkan untuk website yang dikelolanya. Karena digunakan lebih sedikit orang, akses ke VPS harusnya lebih cepat dibandingkan ke Shared Web Hosting.

Dedicated Server
Cocok bagi anda yang memang memiliki website padat trafik dan sama sekali tidak ingin terganggu dengan website-website webmaster lain dalam satu server, atau cocok juga bagi anda yang bermaksud membuka usaha Web Hosting Provider sendiri. Bagi perseorangan, memiliki Dedicated Server sendiri dapat menjadi kerugian besar, jika website yang dikelola belum memiliki nikai ekonomi tinggi, mengingat harga sewa Dedicated Server yang cukup mahal.

Colocation Server
Server kolokasi adalah server yang dititipkan disuatu tempat penyedia jasa internet dimana penyedia jasa internet tersebut memberikan arus listrik, koneksi internet, dan pendingin ruangan, dan rack tempat meletakkan server. Server tersebut sepenuhnya milik pelanggan dan dikelola sendiri oleh pelanggan. Pelanggan tidak diharuskan menyewa server pada penyedia jasa internet.